Sabtu, 06 Agustus 2011

Suasana Ramadhan Di Saudi Arabia

Ramadhan kharim…! Ramadhan penuh kasih sayang!. Itulah yang terlihat di Saudi Arabia, negeri dimana telah bertahun-tahun saya mencari penghasilan/devisa buat keluarga!. Di sini saat bulan ramadhan tiba adalah saat dinantikan oleh semua rakyat. Gimana gak dinantikan karena ramadhan dalam tahun-tahun ini selalu berbarengan dengan masa libur panjang selama 3 bulan penuh!!. Kebetulan ramadan  tahun ini jatuh di akhir musim panas (semoga benar adanya) yaitu bulan Agustus.
Kembali mengapa ramadhan selalu dinantikan oleh umat islam di Saudi Arabia? karena pada bulan ini selain libur panjang (yang berarti acara saling kunjung-mengunjungi..sesama saudara di berbagai kota) juga orang-orang Arab dapat bonus gaji yang jumlahnya lumayan besar.

Dan satu lagi, percayalah..harga-harga di Saudi Arabia tetaplah stabil, bahkan di supermarket besar macam Carrefour, Giant dan Hyper, Panda diskon besar-besaran untuk harga pokok kebutuhan rumah tangga. Tak heran ramadhan benar-benar kharim buat rakyat Saudi Arabia dan juga para pendatang/pekerja disini.


Makanan mewah rakyat Saudi Arabia
Efek dari hal semua ini adalah sifat rakyat Saudi Arabia yang sangat royal di bulan-bulan suci ini, orang berlomba-lomba memberikan sedekah/menyediakan makanan untuk berbuka puasa bagi siapa saja yang minat. Mereka mengirim makanan ke masjid atau tempat persinggahan di pom bensin dll untuk dibagikan makanan atau minuman. Kadang di lampu merah akan dijumpai orang bersedakah memberikan air atau minuman jus dll hanya untuk sekedar berbagi.

Inilah sepintas tentang kehidupan ramadhan di Saudi Arabia khususnya di kota Jeddah. Khusus pendatang tak perlu repot masak atau beli mahal makanan, karena asal  mau semua sudah tersedia di masjid, gak perlu gengsi semua makanan dijamin halal berlimpah dan kadang sampai berlebihan mulai dari nasi dalam karton plus minuman susu/asyir/jus, buah pisang, jeruk dll semua tersedia!! kurang apa coba.


Puasa di Saudi arabia juga terasa sangat ringan, tantangannya/godaannya, karena umumnya jam kerja berubah 180 derajat. Restoran yang biasa buka habis dhuhur biasanya baru buka menjelang ashar. Hampir dipastikan tidak ada dijumpai restoran buka di pagi hari (kalo tidak pengin digaruk sama petugas). Setelah itu tutup untuk berbuka puasa dan dilanjutkan lagi setelah shalat isya sampai menjelang subuh jam 3 dini hari.

Begitupun kerja2 lainnya umumnya dilakukan di malam hari, tak heran saat ramadhan di kehidupan malam begitu terasa denyut nadinya, supermarket dah pasti penuh sesak oleh madam dan para suaminya yang memborong makanan sampai kasir pegel ngitungnya.

Masalah tarawih di Mekkah.. hmmm.. ini yang harus diincar oleh para pekerja /tki, sangat disayangkan kalo sampai abstain atau tidak sempat berkunjung kesana. Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah, Mekah dah pasti penuh sesak oleh jemaah umroh dari berbagai bangsa. semoga saya dan teman2 sesama muslim diberi kesempatan ibadah umroh ke Mekah di bulan yang diridhoi Allah. (Nizar/wak genok)

Diposkan oleh SENKOM MITRA POLRI KABUPATEN SIDOARJO
( Surat dari kawan di Saudi Arabia Menjelang Ramadhan) 





BISNIS SAMPINGAN TKI JEDDAH MENJELANG RAMADHAN ADALAH BIKIN SAMBOSA

Menjelang ramadhan saat ini..di Jeddah..kesibukan biasa masih normalmungkin menjelang malam pertama ramadhan baru terlihat kesibukan yg lauar biasa..,tapi ada yg lain nih..perang harga di pasar swalayan..atau supermarket atau mall..sudah mulai dengan memberikan/menyebar brosur harga yg sudah di discont tentunya..!
Berbeda di tanah air yg harga2 pada melejit,sementara harga menjelang ramadhan di saudi arabia justru..malah banyak discontnya..!!itulah asiknya hidup di negri saudi arabia..!!ramadhan benar-benar kareem..!!orang saudi biasalah..menjelang ramdhan..pasti borong makanan pokok untuk jatah 1bulan penuh..lepas itu dengan santainya..menjalankan ibadah puasa dengan tekun karena..cadangan makanan sudah tercukupi,untuk kebutuhan 1bulan penuh..jikapun ada beli macam-macam lagi..itu hanya selingan..atau meramaikan bulan ramadhan..!!
Satu yang pasti..puasa di saudi arabia..benar-benar kareem..tak perlu orang kelaparan hendak buka puasa..karena sudah pasti..asal tidak gengsi..ya..masuk masjid saja sudah tergelar..aneka hidangan buat buka puasa..biasanya sih..nasi dengan ayam…itu sudah pasti..menu buka puasa ini..biasanya sumbangan dari orang saudi..yg memang ingin beramal sebanyak mungkin di bulan ramadhan..!!seluruh masjid2 disaudi umumnya..membuka gelar buka bersama..gratis..1bulan penuh..!,  yang datang selalunya para pekerja dari berbagai negara..!
Kembali ke judul..ada satu yg unik makanan buat buka puasa..yaitu samosa atau sambosa..makanan ini digoreng mirip bahwan…tapi dalamnya ada isinya..biasanya ada isi daging sapi,ayam,cheese,dan vegetbale..!!tergantung yg minat..mau rasa apa..kalo saya rasa daging dong yg asik..!!hehehe..
Teman saya tadi saya kontak..katanya lagi sibuk..mendirikan tenda-tenda..untuk mendrop..dagangan samosanya..keberbagai tempat disekitar tempat tinggalnya..dimana..dia..akan mendrop samosa..kepada beberapa gerai..saat ini..rumah mereka sibuk dengan acara membuat samosa..dan kebetulan punya frazer yg besar buat menyimpannya..hadiah dari majikannya..!!
Walau mereka orang kaburan,tapi tetap kreatif..bisnis..malah sudah memepekerjakan tkw kaburan juga..yg mungkin sudah bosen kerj jadi pembantu..makanya mending di rumah penampungan bisa rilek bikin samsoa sambil nonton sinetron tv MNC..tkw demen banget nonton sinetron..heran deh gw..tapi begitulah..mereka tetap berkarya..mencari duit..di negri orang..asik-asik saja kok mereka itu..kadang malah bosen jadi tkw walau gaji besar..jadi lebih milih..kerja sambilan di bulan ramadhan..biasanya sih ramadhan jarang ada grebegan..apalagi orang saudi juga ..sekarang kena getahnya..susah setengah mati..cari tkw..semua tkw kaburan minta gaji sangat tinggi antara 1500sr-1800sr/bulan..1sr=2260rupiah..!!
Tapi..bagi tkw kaburan yg sudah pengalaman..justru mereka menolak kerja jadi babu di bulan ramadhan..capainya luar biasa katanya..makhlum..kerluarga saudi kalo bulan ramadhan masaknya macam-macam..mulai dari bikin sop kambing aneka nasi kabsah dll.serta hidangan halawiyah/kue2 yg super manis..semua itu..repot..mencuci..perkakas dapurnya..bisa-bisa..gempor..tidur hanya 4jam..hehehehe..!!
Selain itu..tamar atau kurma..adalah makanan yg melimpah ruah..dimana-mana disaudi arabia..!!kadang sampai tidak dimakan..cukuplah 1`-3butir saja sudah kenyang makan kurma..!!
Salam ramdahan kareem..sebentar lagi Insya Allah

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites