Beliau adalah asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin
bin Hamad bin ‘Utsman al-‘Abbad Alu Badr –semoga Allah memelihara beliau dan
memperpanjang usia beliau dalam ketaatan kepada-Nya dan memberkahi amal dan
lisan beliau-, dan kami tidak mensucikan seorangpun di hadapan Allah Azza wa
Jalla. Alu Badr merupakan keturunan Alu Jalas dari Kabilah ‘Utrah salah satu
kabilah al-‘Adnaniyah. Kakek tingkatan kedua beliau adalah ‘Abdullah yang
memiliki Al-Allamah
al-Muhaddits al-Faqih az-Zahid al-Wara’laqob (gelar) ‘Abbad, yang kemudian akhirnya keturunan beliau
dikenal dengan intisab kepada laqob ini, diantaranya adalah
Syaikh ‘Abdul Muhsin sendiri. Ibu beliau adalah putri dari Sulaiman bin
‘Abdullah Alu Badr.
Kelahiran
Beliau
Beliau lahir setelah
sholat Isya’ pada malam Selasa tanggal 3 Ramadhan tahun 1353H di ‘Zulfa’ (300
km dari utara Riyadh).
Beliau tumbuh dan dewasa di desa ini dan belajar baca tulis di sekolah yang
diasuh oleh masyaikh Zulfa.
Perjalanan
Menuntut Ilmu
Ketika dibangun Madrasah
Ibtida’iyah pertama kali di Zulfa pada tahun 1368, Syaikh masuk ke
madrasah ini pada tahun ketiga dan memperoleh ijazah Ibtida’iyah pada
tahun 1371 H. Kemudian Syaikh pindah ke Riyadh dan masuk ke Ma’had al-‘Ilmi
Riyadh, salah satu tempat belajar Imam Ibnu Bazz rahimahullahu
sebelumnya. Setelah lulus, syaikh melanjutkan studinya di Kuliah Syari’ah di
Riyadh. Menjelang tahun akhir studi beliau di Kuliah, beliau mengajar di Ma’had
Buraidah al-‘Ilmi, ketika akan ujian akhir kuliah, beliau kembali ke Riyadh dan menyelesaikan
ujian beliau.
Sungguh Alloh
benar-benar memuliakan beliau, walaupun beliau sibuk mengajar namun beliau
tetap bisa menjadi ranking satu di antara rekan-rekan beliau yang bejumlah
hampir 60 lulusan. Beliau senantiasa dalam peringkat satu mulai dari awal
belajar beliau hingga beliau lulus dan mendapatkan ijazah dari Ma’had ‘Ilmi
dan Kuliah Syari’ah di Riyadh.
Syaikh sangat antusias
di dalam menimba ilmu baik di Universitas maupun di masjid-masjid, beliau
banyak belajar dari para ulama besar semisal Imam Muhammad bin Ibrahim Alu
Syaikh, Imam ‘Abdul Aziz bin Baz, al-‘Allamah Muhammad al-Amin asy-Syinqithi,
al-‘Allamah ‘Abdurrahman al-‘Afriqi, al-‘Allamah ‘Abdurrazaq ‘Afifi,
al-‘Allamah Hammad al-Anshari dan lainnya rahimahumullahu ajma’in.
Syaikh menceritakan
bahwa beliau pernah belajar kepada Syaikh ‘Abdurrahman al-‘Afriqi di Riyadh
pada tahun 1372 tentang ilmu hadits dan mushtholah-nya. Beliau hafizhahullahu
berkata tentang Syaikh al-‘Afriqi :
كان مدرساً ناصحاً وعالماً كبيراً ، وموجّهاً
ومرشداً وقدوة في الخـير رحمه الله تعالى
“Beliau adalah seorang pengajar, penasehat
dan ‘alim besar. Beliau adalah seorang pengarah, pembina dan tuntunan di dalam
kebaikan. Semoga Alloh Ta’ala merahmati beliau.”
Ketika pertama kali didirikan
Universitas Islam Madinah, dan mata kuliah yang pertama kali ada adalah kuliah
syari’ah, Samahatus Syaikh Muhammad bin Ibrahim memilih beliau untuk menjadi
dosen dan mengajar di sana.
Syaikh mulai mengajar pertama kali pada hari Ahad tanggal 3/6/1381 H, dan
beliau adalah orang pertama kali yang memberikan pelajaran pada hari itu.
Semenjak tanggal itu, syaikh senantiasa mengajar di Universitas Islam Madinah,
bahkan hingga saat ini beliau tetap masih mengajar padahal beliau telah
pensiun, dengan izin khusus kerajaan.
Pada tahun 1393 H.,
Syaikh diangkat sebagai wakil rektor Universitas Islam Madinah dan rektor
Universitas Islam pada saat itu adalah Samahatus Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullahu.
Syaikh senantiasa menggantikan Imam Ibnu Baz apabila beliau berhalangan,
sehingga seringkali Universitas Islam Madinah saat itu disebut orang-orang
sebagai Universitas Bin Baz dan ‘Abdul Muhsin. Setelah Imam Ibnu Baz menjadi
kepala Lembaga Buhutsul ‘Ilmiyyah wal Ifta’ (Pembahasan Ilmiah dan
Fatwa), maka Syaikh ‘Abdul Muhsin yang menggantikan kedudukan beliau di
Universitas Madinah sebagai rektor. Walaupun telah menjadi rektor dengan segala
kesibukannya, Syaikh tidak pernah absen mengajar dua kali seminggu di Fakultas
Syari’ah.
Ketika Syaikh ‘Abdul
Muhsin menjadi rektor di Universitas Islam Madinah, perpustakaan Universitas
benar-benar kaya dengan warisan salaf berupa makhthuthat
(manuskrip-manuskrip) yang mencapai 5.000 manuskrip. Al-‘Allamah Hammad
al-Anshori sampai-sampai berkata :
تراث السلف الذي صُوِّر للجامعة الإسلامية
أغلبه في عهد الشيخ عبد المحسن العبَّاد عندما كان رئيساً للجامعة الإسلامية
“Warisan salaf yang dikopi untuk Universitas
Islam sangat banyak dilakukan pada zaman Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad ketika
beliau menjadi rektor Universitas Islam.” Dan mayoritas manuskrip tersebut adalah dalam bidang ilmu
hadits dan aqidah salafiyah.
Dan yang lebih
mengagumkan lagi, Syaikh walaupun menjadi seorang rektor Universitas, beliau
lebih sering melakukan tugasnya sendiri dan lebih sering menghabiskan waktunya
di Universitas, mulai pagi hingga sore. Sampai-sampai Al-‘Allamah Hammad
al-Anshori mengatakan, bahwa seharusnya ditulis sejarah khusus tentang
perikehidupan al-‘Allamah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad. Di tengah-tengah
kekagumannya, al-‘Allamah al-Anshori menuturkan :
ومرة جئته بعد العصر بمكتبه وهو رئيس الجامعة
فجلست معه ثم قلت : يا شيخ أين القهوة ؟ ، فقال : الآن العصر ولا يوجد من يعملها ،
ومرة عزمت أن أسبقه في الحضور إلى الجامعة فركبت سيارة وذهبت ، فلما وصلت إلى
الجامعة فإذا الشيخ عبد المحسن يفتح باب الجامعة قبل كل أحد
“Suatu ketika aku tiba di kantor beliau, dan
beliau ketika itu adalah rektor Universitas. Kemudian aku duduk bersama beliau
dan aku berkata kepada beliau, ‘ya syaikh, mana kopinya?’, lantas beliau
menjawab : ‘sekarang ini waktu ashar (sore), tidak ada orang yang kerja
sekarang ini.’ Suatu hari pula, aku bertekad untuk mendahului kehadiran beliau
di Universitas, lantas aku naik mobil dan bergegas berangkat –pagi-pagi-.
Ketika aku sampai di Universitas, ternyata Syaikh ‘Abdul Muhsin (sudah tiba
duluan dan) membuka pintu gerbang Universitas sebelum semua orang datang.”
Saya berkata, Subhanallohu,
sungguh sangat langka orang seperti beliau ini, walaupun beliau memiliki
kedudukan dan gelar yang tinggi, namun beliau tidak silau sama sekali dengan
kedudukannya. Beliau menganggap diri beliau sama seperti lainnya, bahkan beliau
menganggap kedudukan beliau tersebut adalah amanah. Semoga Alloh menganugerahi
llmu dan kebaikan bagi syaikh kami, al-‘Allamah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad al-Badr.
Diantara
Guru beliau :
- Asy-Syaikh ‘Abdullah bin Ahmad al-Mani’ rahimahullahu.
- Asy-Syaikh Zaid bin Muhammad al-Munifi rahimahullahu.
- Asy-Syaikh Falih bin Muhammad ar-Rumi rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim rahimahullahu.
- Al-Allamah Abdullah bin Abdurrahman al-Ghaits rahimahullahu.-
- Al-Allamah asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz
rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Muhammad Amin asy-Syinqithy rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Abdurrahman al-Afriqy rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Abdur Razaq Afifi rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Umar Falatah rahimahullahu.
- Dan masih banyak lagi.
Diantara
Murid beliau :
Beliau memiliki banyak
sekali murid yang menimba ilmu darinya, beristifadah (memetik faidah)
dan meminum air telaga ilmu yang segar lagi murni. Berikut ini adalah diantara
murid-murid beliau yang terkenal :
- Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh ‘Ubaid bin ‘Abdillah al-Jabiri hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh ‘Ashim bin ‘Abdillah Alu Ma’mar al-Qoryuthi
hafizhahullahu. (Beliau juga diantara murid Imam al-Albani rahimahullahu
yang ternama).
- Asy-Syaikh Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaili hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh Sulaiman bin Salimullah ar-Ruhaili hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh ‘Abdurrozaq bin ‘Abdul Muhsin al-‘Badr hafizhahullahu.
(Putera beliau sendiri).
- Asy-Syaikh ‘Abdul Malik Ramadhani al-Jaza`iri hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh Tarhib ad-Dausari hafizhahullahu.
- Dan masih banyak lagi.
Karya
Ilmiah dan Ceramah Beliau :
Syaikh memiliki kurang
lebih 40 karya ilmiah, sebagaimana yang beliau diktekan kepada murid beliau,
Syaikh ‘Abdullah bin Muhammad al-‘Umaisan hafizhahullahu di dalam buku
Ithaaful ‘Ibaad bi Fawa`id Durusi as-Syaikh ‘Abdul Muhsin bin Hamad
al-‘Abbad, sebagai berikut :
- Aayaatu Mutasyaabihaatu al-Alfaazh fil Qur’anil Karim
wa Kaifa Tamyizu Bainahuma.
- Isyruuna Hadiitsan min Shahihil Bukhari
Dirosatan Asaniidihaa wa Syarhan Mutuniha.
- Isyruuna Hadiitsan min Shahihil Muslim
Dirosatan Asaniidihaa wa Syarhan Mutuniha.
- Dirosah Hadits “Nadhdharallahu Imra`an
Sami’a Maqoolatiy…” Riwayatan wa Dirayatan
- Fathul Qowiyyil Matin fi Syarhil
Arba’iina wa Tatimmah al-Khomsiina lin Nawawi wa Ibni Rajab
rahimahumallahu
- Syarhu Hadits Jibril fi Ta’limid Dien
- Kayfa Nastafiidu minal Kutubi al-Haditsiyyah
as-Sittah
- Ijtina`I ats-Tsamar fi Mushtholah Ahlil Atsar (ini buku pertama Syaikh yang beliau tulis di Ma’had
Buraidah tahun 1379)
- Al-Fawa`id al-Muntaqooh min Fathil
Baari wa Kutubi Ukhroo
- Qothful Jana ad-Daanii Syarh Muqoddimah
Ibnu Abi Zaid al-Qirwani
- Al-Hatstsu ’ala ittiba`is Sunnah wat Tahdzir minal
Bida’ wa Bayaanu Khathariha
- Aqidah Ahlis Sunnah wal Jama’ah fish
Shahabatil Kiram radhiyallahu ‘anhum wa ardhahum
- Min Aqwalil Munshifin fish Shohabi
al-Khalifah Mu’waiyah radhiyallahu ‘anhu
- Tahqiq wa Ta’liq ‘ala Kitabai Tathhir al-I’tiqood ‘an
Adraanil Ilhaad lish Shin’ani wa Syarh Shudur fit Tahrimi Raf’il Qubur
lisy Syaukani
- Fadha`il, Akhlaq, Adab, Nasha`ih dan Tarajim :
- Min Akhlaqi Rasulil Karim Shallallahu ‘alaihi wa Salam
- Fadhlus Sholati ‘alan Nabiyi
Shallallahu ‘alaihi wa Salam wa Bayanu Ma’naha wa Kaifaiyatiha wa Syai’un
mimma Ullifa fiiha
- Fadhlu Ahli Bait wa ‘Uluwwi
Makaanatihim ‘inda Ahlis Sunnah wal Jama’ah
- Fadhlul Madinah wa Aadabu Sukkaniha wa
Ziarotiha
- Rifqon Ahlas Sunnah bi Ahlis Sunnah
- Atsaru al-‘Ibadaat fi Hayatil Muslim
- Tsalatsu Kalimaat fil Ikhlaashi wal
Ihsaani wal Iltizaami bis Syari’ah
- Al-‘Ibrah fisy Syahri Shoum
- Min Fadha’ilil Hajj wa Fawa`idihi
- Bi ayyi Aqlin wa Diinin Yakunu
at-Tafjiir wat Tadmiir Jihaadan!!!
- Budzlun Nushhi wat Tadzkiir Libaqooya
al-Maftuniin bit Takfir wat Tafjir
- Kaifa yu`addi al-Muwazhzhaf al-Amaanah
- ‘Alimun
Jahbidz wa Malikun Fadz
- Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz
rahimahullahu Namudzaj minar Ra’ilil Awwal
- Asy-Syaikh Muhammad bin Utsaimin rahimahullahu minal
Ulama`ir Robbaniyyin
- Asy-Syaikh ‘Umar bin Muhammad Fallatah
rahimahullahu wa Kaifa Araftuhu
- Aghuluwwun fi Ba’dhil Quroobah wa
Jafa`un fil Anbiyaa` wash Shohabah
- Al-Intishar lish Shahabah al-Akhyar fi Raddi Abaathil
Hasan al-Maliki
- Al-Intishar li Ahlis Sunnah wal Hadits
fi Raddi Abathil Hasan al-Maliki
- Ad-Difa’ ‘anis Shahabah Abi Bakrah wa
Marwiyatihi wal Istidlaal liman’i Wilayatin Nisaa` ‘alar Rijaali
- Ar-Roddu ‘alar Rifaa’i wal Buthi fi
Kidzbihima ‘ala Ahlis Sunnah wa Da’watihima ilal Bida’i adh-Dhall
- At-Tahdzir min Ta’zhimil Aatsar ghoyr
al-Masyru’ah
- Ar-Roddu ‘ala man kadzaba bil Ahaditsis
Shahihah al-Waridah fil Mahdi
- Aqidah Ahlis Sunnah wal Atsar fil Mahdi
al-Muntazhar
- Ahammiyatul ‘Inaayah bit Tafsir wal
Hadits wal Fiqh
- Syarh Syuruthis Shalah wa Arkaniha wa Waajibatiha
lisyaikhil Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab
- Manhaj Syaikhil Islam Muhammad bin
‘Abdil Wahhab fit Ta’lif
Diantara kajian rutin
beliau yang terekam adalah sebagai berikut :
- Syarh Shohihil Bukhari (142 kaset)1, selebihnya belum direkam.
- Syarh Kitabil Imarah min Shahihil Muslim (8 kaset), sebenarnya Syaikh memiliki pelajaran Syarh
Shahih Muslim, namun sayangnya tidak terekam.
- Syarh Sunan an-Nasa`i (414 kaset).
- Syarh Sunan Abi Dawud (373 kaset)2.
- Syarh Sunan at-Turmudzi, ceramah beliau ini masih berlangsung.
- Syarh Alfiyyah Suyuthi fil Hadits (57 kaset)
- Syarh Adabul Masyi ilas Sholah li Syaikhil Islam
Muhammad bin ‘Abdil Wahhab (14
kaset)
- Syarh al-‘Arba’ina wa Tatimmal Khomsiina lin Nawawi wa
Ibni Rojab rahimahumallohu (23
kaset).
- Fadhlul Madinah wa Adabu Sukanihaa wa Ziyarotiha (4 kaset)
- Kitabush Shiyami min Al-Lu’lu’ wal Marjan (7 kaset).
- Syarh Aqidah ibnu Abi Zaid al-Qirwani (9 kaset).3
- Tathhirul I’tiqood lish Shon’ani (7 kaset).
- Syarhus Shudur lisy Syaukani (4 kaset).
Beliau
juga memiliki ceramah-ceramah ilmiah lainnya, diantaranya adalah :
- Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu
‘anhu baina Ahlil Inshaf wa Ahlil Ijhaaf.
- Al-Iman bil Ghoib.
- Arba’ Washoya lisy Syabab.
- Atsaru ‘Ilmil Hadits.
- Taqyiidun Ni’am bisy Syukri.
- Mahabbatur Rasul Shallallahu ‘alaihi wa Salam (2 kaset).
- Tawqiirul ‘Ulama`wal Istifaadah min
Kutubihim.
- Atsarul ‘Ibadah fi Hayatil Muslimin.
- Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin wa Syai`un min
Siiratihi wa Da’watihi.
- Asy-Syaikh ‘Umar bin ‘Abdurrahman
Fallatah Kaifa Aroftuhu
- Khatharul Bida’
- Dll.
Kaset-kaset rekaman
beliau ini direkam oleh Tasjilat Ibnu Rajab di
Madinah, Al-Asholah di Jeddah, Sabilul Mu’minin
di Dammam dan Minhajus Sunnah di Riyadh.
Putera-putera
beliau :
Diantara
putera-putera beliau adalah :
- Syaikh DR. ‘Abdurrazaq bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- Muhammad bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Abdullah
bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Umar
bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Utsman
bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Ali
bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Abdurrahman
bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
Pujian
Ulama terhadap beliau :
Diantara
keutamaan dan kemuliaan para ulama, adalah adanya pujian dan sanjungan dari
ulama lain. Di antara pujian para ulama Ahlis Sunnah terhadap beliau adalah :
- Al-Imam ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullahu :
Beiau rahimahullahu
berkata memuji ceramah dan risalah Syaikh ‘Abdul Muhsin yang berjudul “Aqidah
Ahlis Sunnah wal Atsar fil Mahdi al-Muntazhar” :
فإنا نشكر محاضرنا الأستاذ الفاضل الشيخ عبد المحسن بن حمد
العبَّاد على هذه المحاضرة القيمة الواسعة…
“Kami ucapkan terima kasih kepada
Ustadz yang mulia, asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin
bin Hamad al-‘Abbad atas ceramah beliau yang lurus dan sarat
(manfaat)…”
4
- Asy-Syaikh Al-‘Allamah Al-Muhaddits Hammad al-Anshori rahimahullahu :
Beliau rahimahullahu
berkata :
إن الشيخ عبد المحسن العبَّاد ما رأت عيني
مثله في الورع
“Sesungguhnya Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad,
tidaklah tampak pada kedua mataku ada orang yang semisal beliau di dalam ke
wara’an.”
5
Beliau rahimahullahu
juga berkata :
إن الشيخ عبد المحسن العبَّاد ينبغي أن
يَكتُبَ عنه التاريخ ، كان يعمل أعمالاً في الجامعة تمنيت لو أني كتبتها أو سجلتها
“Sesungguhnya Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad
layak ditulis sejarahnya, beliau dahulu bekerja di Universitas (Islam Madinah)
yang aku berangan-angan untuk menuliskan atau merekam sejerah beliau.”
6
- Al-‘Allamah Shalih bin Fauzan al-Fauzan rahimahullahu :
Al-‘Allamah al-Fauzan
berkata memuji para ulama sunnah di dalam kaset ceramah beliau yang berjudul al-As`ilah
as-Suwaidiyah pada tanggal 5 Rabi’ul Akhir 1417 H :
كذلك من العلماء البارزين
الذين لهم قدم في الدعوة ، فضيلة
الشيخ عبد المحسن العبَّاد ، فضيلة الشيخ ربيع هادي ، كذلك فضيلة
الشيخ صالح السحيمي ، كذلك فضيلة الشيخ محمد أمان الجامي ، إن هؤلاء لهم جهود في
الدعوة والإخلاص ، والرد على من يريدون الانحراف بالدعوة عن مسارها الصحيح ، سواء
عن قصد أو عن غير قصد
“Demikian pula dengan para ulama yang mulia,
yang mana mereka terdepan di dalam dakwah, yaitu Fadhilatus Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad, Fadhilatus
Syaikh Rabi’ Hadi, demikian pula dengan Syaikh Shalih as-Suhaimi dan juga
Fadhilatus Syaikh Muhammad Aman al-Jami. Sesungguhnya mereka memiliki andil
besar di dalam dakwah dan ikhlas, membantah orang-orang yang menghendaki
penyelewengan dakwah dari arahnya yang benar, sama saja baik dengan sengaja
maupun tidak sengaja…”
- Muhaddits Negeri Yaman, Al-‘Allamah Muqbil bin Hadi
al-Wadi’i rahimahullahu
Ta’ala :
Beliau pernah ditanya
dengan pertanyaan siapakah ulama Arab Saudi yang layak diambil ilmunya” Maka
Syaikh rahimahullahu menjawab :
أما الذين أنصح بالأخذ عنهم
والذين أعرفهم فهو الشيخ : عبد العزيز بن باز -حفظه الله-
، والشيخ محمد
بن صالح بن عثيمين -حفظه الله- ، والشيخ ربيع بن هادي -حفظه
الله- ، والشيخ عبد المحسن العبَّاد -حفظه الله- ،
والشيخ صالح الفوزان -حفظه الله- …
“Adapun ulama yang aku nasehatkan untuk
diambil ilmunya dan aku kenal adalah : Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz
hafizhahullahu, Asy-Syaikh
Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin
hafizhahullahu,
Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali
hafizhahullahu,
Asy-Syaikh
‘Abdul Muhsin
al-‘Abbad hafizhahullahu,
Asy-Syaikh Shalih Fauzan
hafizhahullahu
…”
7